4 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Diet Sehat dan Rekomendasi Menu Diet Sehat

Parisalize.com - Salah satu cara untuk supaya memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah dengan menkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Apalagi jika saat ini, anda sengan melakukan program diet sehat. Tentunya pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan. Berikut 4 jenis makanan yang cocok untuk diet yang sehat :
1. Putih Telur
Putih telur ini biasanya banyak dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai menu diet yang sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur ini tinggi akan potein tetapi rendah lemak, sehingga putih telur ini sangat cocok untuk dijadikan menu makanan untuk program diet anda. Menurut hasil penelitian oleh U.S Departement og Agriculture Nutrient Data Laboratory, menyatakan bahwa dalam putih telur ayam terdapat kandungan protein sedikit lebih banyak dibandingkan kuning telur. Dimana satu porsi putih telur besar mengandung 3,6 gram protein. Sedangkan pada kuning telur hanya mengandung 2,7 gram. Walaupun perbedaan kandungan protein antara kuning telur dan putih telur tidak begitu signifikan, namun yang membedakan keduanya adalah kualitasnya. Selain itu, protein yang ada dalam putih telur merupakan protein kompleks yang berkualitas tinggi. Protein kompleks sendiri mengandung semua asam amino essensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Belum lagi, putih telur ini tidak memiliki nilai indeks glikemik sehingga sangat aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes.
2. Brokoli
Jenis makanan lainnya bisa anda konsumsi untuk diet sehat adalah brokoli. Karena pada brokoli terdapat kandungan rendah kalori tetapi kaya akan vitamin, serat dan mineral. Dalam satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sedangkan untuk kandungan serat, brokoli ini memiliki kandungan serat sebanyak 5 gram sehingga bisa membantu anda untuk merasa kenyang seharian. Selain itu, brokolin ini juga bisa membantu anda dalam mengendalikan kadar gula darah. 
3. Ikan
Ikan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi pada program diet anda. Karena ikan ini mengandung lemak baik omega-3 yang bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. Dan biasanya, lemak baik omega-3 ini ada dalam ikan yang berada di perairan laut dalam seperti makarel, san, tuna, dan salmon. Bahkan, ada sebuah penelitian di Swedia yang mengungkapkan bahwa orang dengan menu makan malamya adalah ikan, akan cenderung lebih sedikit makan di keesokan harinya dibandingkan dengan orang yang makan daging. Supaya anda bisa mendapatkan manfaat dari ikan ini secara optimal, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi ikan dengan cara digoreng. Karena dengan cara digoreng akan ada tambahan minyaknya yang justru bisa menggagalkan diet sehat anda.
4. Cemilan Rendah Kalori
Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa saat melakukan program diet anda tidak boleh ngemil. Sebenaranya anda tidak perlu meninggalkan kebiasaan untuk ngemil. Dalam hal ini, selama menjalani diet anda bisa tetap ngemil hanya saja cemilan yang anda konsumsi tersebut merupakan cemilan sehat yang sudah banyak dijual di pasaran. Pastikan camilan yang anda konsumsi itu memang rendah kalori serta tidak mengandung gula tinggi. Maka dari itu, sebelum memilih cemilan cek label nilai gizi yang tercantum dalam kemasan makanan terlebih dahulu. Dalam hal ini, perhatikan kandungan lemak, gula, dan kalori yang ada pada camilan tersebut. 
Rekomendasi Menu Diet Sehat
Sarapan :
- Secangkir yogurt plain ditambah madu
- 1 buah pisang
- Segelas air putih
Makan Siang :
- Salad sayur ditambah makaroni, menggunakan minyak zaitun supaya lebih sehat
- Ditambah segelas air putih
Makan Malam :
- Dada ayam rebus tanpa kulit
- Setup kacang merah dan brokoli
- Segelas air putih
Camilan :
- Granola bar
Itulah 4 jenis makanan yang cocok untuk diet dan rekomendasi menu diet sehat, semoga bermanfaat.
x

Komentar

Postingan Populer